Kamis, 24 Mei 2012

Perkembangan Keyboard Pada Komputer

Komputer, saat ini komputer telah menjadi perangkat yang sangat bermanfaat dan telah menjadi kebutuhan pokok setiap manusia. Komputer pun pada zaman sekarang sudah mempunyai spesifikasi yang sangat tinggi untuk menunjang kebutuhan masing-masing penggunanya.

Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan perkembangan komponen yang sering terabaikan oleh pada pengguna komputer. Menurut saya, komponen yang akan saya jelaskan ini adalah komponen yang pertama kali ditemukan, dan yang akan saya jelaskan saat ini adalah perkembangan keyboard pada komputer.

Pernahkah di dalam benak pembaca, terbesit pertanyaan mengapa susunan keyboard tidak sesuai dengan urutan huruf alfabet? dan juga apakah susunan yang ada sekarang paling menunjang para pengguna komputer untuk mengetik lebih cepat dan efisien?

Keyboard yang sehari-hari pembaca pakai kebanyakan adalah keyboard QWERTY, keyboard yang paling banyak digunakan oleh pengguna komputer di Indonesia. Namun apakah awal penemuan keyboard sudah dengan susunan seperti itu? Hal ini berkaitan dengan penemuan Christoper Latham Sholes (1819-1890) yang menemukan dan mematenkan mesin tik. Beliau membuat keyboard dengan susunan angka 2-9 dan juga huruf A-Z berurutan. Angka 1 dan 0 tidak dipasang karena huruf I dan O sudah cukup untuk mewakili angka tersebut. Keyboard buatan Christoper Latham Sholes ini sangat bisa dimengerti oleh para pengguna mesin tik. Para pengguna mesin tik bisa mengetik dengan sangat cepat sehingga sering terjadi mechanic error pada mesin tik tersebut. Error yang terjadi biasanya adalah batang-batang pada mesin tik saling mengait karena ditekan pada saat yang bersamaan. Akhirnya, untuk mengatasi erroryang sering terjadi, diacak lah susunan huruf pada keyboard sedemikian rupa sehingga dianggap ditemukannya kombinasi paling sulit untuk mengetik. Tujuannya jelas untuk menghindari mechanic error yang terjadi sebelumnya. Terbentuklah keyboard jenis QWERTY yang sekarang banyak kita kenal.

Keyboard susunan QWERTY inilah yang diturunkan sebagai alat input komputer, dan pada tahun 1973, keyboard QWERTY diresmikan sebagai keyboard standard ISO (International Standard Organization).

Sebenarnya, ada keyboard lain yang digunakan dalam standard. keyboard itu adalah ASK (American Simplified Keyboard) atau juga bisa disebut DVORAK. Keyboard DVORAK ini ditemukan oleh Dr. August Dvorak pada tahun 1940. Penelitian saat itu padahal menunjukan bahwa DVORAK bisa bekerja lebih efisien daripada keyboard QWERTY. Tetapi karena QWERTY sudah mendominasi susunan keyboard lebih dahulu, maka keyboard DVORAK tidak terlalu dipakai, alasannya juga karena banyak perusahaan yang tidak mau terjadi rush apabila terjadi pergantian sistem keyboard. Namun, tidak semuanya menolak, satu-satunya pengkauan DVORAK sebagai keyboard alternatif pernah disetujui oleh ANSI (American National Standard Institute) pada tahun 1970.

Berikut adalah perbandingan efisiensi keyboard QWERTY dengan DVORAK :


Namun, jenis keyboard tidak hanya QWERTY dan DVORAK saja, pada perkembangan berikutnya, ada juga keyboard QWERTZ yang dipakai di Hungaria, Jerman, dan Swiss. Lalu ada juga keyboard AZERTY yang sering dipakai di negara Perancis dan Belgia.

Keyboard QWERTZ :




Keyboard AZERTY :



Perkembangan yang terbaru, keyboard pada tahun 2000-an sudah memiliki fasilitas lain selain untuk mengetik, misalnya untuk multimedia, untuk bentuk yang paling sederhana-nya, keyboard multimedia mempunyai USB port yang tersambung ke komputernya langsung. Untuk keyboard multimedia yang canggih terkadang dilengkapi dengan controller game nya.

Keyboard Multimedia :

2 komentar:

Unknown mengatakan...

lumayan bagus,,,
tapi kata-katanya aga sedikit kurang di mengerti,,, hehehehe

Yana Nuralim mengatakan...

ahhh Kamu...
n'Deso bNgeett si... Jhahahaaa

Terimakasih atas kunjungannya ke blog Saya. Semoga anda puas dan bermanfaat...